Makanan Ibu Hamil Muda

Makanan Ibu Hamil Muda

Makanan Ibu Hamil Muda,
Makanan Ibu Hamil Muda

Makanan buat perempuan hamil trimester pertama amat penting dikonsumsi oleh wanita hamil, karena disaat hamil seorang wanita pasti sangat butuh masukannutrisi yang benar-benar tercukupi . Bukan hanya untuk diri sendiri saja, tetapi ketika hamil seorang wanita menanggung dua nyawa yang harus tetap dijaga dalam tubuhnya. Oleh sebab itu tak jarang orang-orang disekitar ada yang melarang Anda ketika hamil untuk tidak makan makanan ini dan itu. Hal ini disebabkan umur kehamilan pada trimester pertama memang sangat beresiko mengalami berbagai gangguan kesehatan. Oleh sebab itu, makanan ibu hamil muda harus sangat diperhatikan untuk kesehatan sang ibu dan tentunya untuk janin yang berada di dalam kandungan . Namun amat disayangkan karena tidak banyak wanita hamil mengetahui informasi tentang jenis-jenis makanan untuk wanita hamil trimester pertama ini. Oleh sebabitu, pada post kali ini kami akan berikan ulasan selengkapnya.

Makanan Ibu Hamil Muda Yang Harus Anda Ketahui

Makanan Ibu Hamil Muda
Makanan Ibu Hamil Muda

Hamil adalah salah satu momen yang paling diharapkan, untuk pasangan suami istri yang sudah menikah. Ketika masa kehamilan tersebut tiba, rasa bahagia tentu tak bisa terbendung. Akan tetapi, perasaan bahagia tersebut hendaknya didampingi dengan rasa ingin selalu melindungi dan selalu menjaga kesehatan serta keselamatan sang ibu dan juga janin yang ada di dalam kandungannya. Pada trimester pertama seorang ibu hamil biasanya akan mengalami banyak gejala fisik, mulai dari mual dan muntah, pusing, kaki bengkak, dan sebagainya. Namun untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa mengonsumsi beberapa jenis makanan sehat yang memang dianjurkan untuk ibu hamil muda .

Adapun beberapa jenis makanan untuk ibu hamil trimester pertama diantaranya:
1. Sayuran
Gejala mual dan muntah merupakan hal wajar yang dirasakan oleh ibu hamil pada trimester pertama. Gejala yang juga disebut dengan morning sickneess ini ternyata bisa Kita hilangkan dengan cara banyak mengonsumsi jenis sayur-sayuran berdaun hijau. Bahkan zat besi yang ada dalam sayuran tersebut tidak hanya bisa menghilangkan rasa mual, tetapi juga bisa membantu tubuh memproduksi hemogloin. Sayuran berdaun hijau ini ternyata juga mengandung beberapa nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh janin.

Makanan Ibu Hamil Muda
Makanan Ibu Hamil Muda

2. Buah
Berbagai jenis buah-buahan ternyata juga amat cocok menjadi makanan untuk ibu hamil 1 bulan. Ada banyak jenis buah-buahan bernutrisi tinggi yang bisa perempuan hami jadikan camilan sehat. Sebut saja buah pisang atau buah apel yang memiliki beberapa khasiat untuk bayi. Buah pisang mengandung asam folat yang sangat bermanfaat bagi pertumbuhan sel otak bayi. Selain itu Anda juga disarankan untuk mengonsumsi jenis buah yang mengandung banyak serat.

Makanan Ibu Hamil Muda
Makanan Ibu Hamil Muda

3. Produk Olahan Susu
Ibu hamil dianjurkan meminum lebih banyak berbagai produk olahan yang terbuat dari susu. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa seorang wanita hamil terutama pada usia kehamilan muda, maka sang ibu akan sangat membutuhkan asupan zat protein yang cukup. Oleh karena itu memakan berbagai jenis olahan susu adalah salah satu jalan terbaik utnuk mendapatkan asupan protein yang cukup. Protein berfungsi) untuk pertumbuhan sel bayi dalam kandungan. Selain itu produk-produk olahan susu lainnya seperti keju pun dinilai akan membuat pertumbuhan tulang janin menjadi lebih baik.

Makanan Ibu Hamil Muda
Makanan Ibu Hamil Muda

4. Seafood
Seafood atau makanan laut ternyata juga baik untuk menjadi salah satu jenis makanan untuk ibu hamil trimester pertama. Berbagai jenis makanan laut atau seafood ini ternyata sangat tinggi mengandung protein dan juga asam lemak omega 3. Nutrisi-nutrisi yang terkandung pada makanan laut tersebut sangat bermanfaat bagi pertumbuhan otak janin di dalam kandungan terutama saat usia-usia hamil muda. Beberapa jenis makanan laut yang bisa perempuan hamil konsumsi adalah sejenis ikan, udang, cumi, atau rumput laut.

Makanan Ibu Hamil Muda
Makanan Ibu Hamil Muda

5. Sereal
Jenis makanan untuk ibu hamil 1 bulan selanjutnya adalah sereal, yang sebaiknya dikonsumsi setiap hari selama kehamilan terutama saat hamil muda. Sereal mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan oleh sang ibu dan juga janinnya. Dalam sereal terdapat kandungan vitamin B, kalsium dan juga karbohidrat yang akan mendukung pertumbuhan janin dan juga kesehatan sang ibu.

Makanan Ibu Hamil Muda
Makanan Ibu Hamil Muda

6. Air Kelapa
Air kelapa diyakini mengandung berbagai zat yang ternyata cukup berguna bagi ibu hamil. Akan tetapi, sejauh ini memang belum ada penelitian yang secara pasti membuktikan .bahwa air kelapa sangat berguna untuk wanita hamil. Air kelapa muda untuk perempuan hamil trimester pertama ini dipercaya bisa bermanfaat sebagai elektrolit alami yang mengandung banyak mineral yang bermanfaat untuk memulihkan stamina ibu hamil. Apalagi saat hamil, seorang ibu biasanya akan membutuhkan asupan air lebih banyak ketimbang wanita yang tidak sedang hamil.

Makanan Ibu Hamil Muda
Makanan Ibu Hamil Muda

7. Kacang-Kacangan
Faktanya tidak semua jenis kacang bagus menjadi makanan untuk ibu hamil trimester pertama. Akan tetapi jenis kacang-kacangan ini cukup disarankan karena mengandung banyak protein yang bisa bermanfaat dalam tubuh. Protein tersebut nantinya bisa mendukung ibu hamil meningkatkan energi di dalam tubuh. Adapun jenis kacang-kacangan yang disarankan untuk ibu hamil diantaranya kacang kedelai, kacang hijau ataupun kacang merah yang memiliki kandungan banyak asam folat dan juga vitamin B.

Tips Mengatur Pola Makanan Ibu Hamil Muda

Ketika seorang ibu masih memasuki usia kehamilan trimester pertama, selain mengonsumsi jenis-jenis makanan yang tadi sudah kami jelaskan sebaiknya Anda juga mengatur jadwal makan Anda. Jadwal makan tidak bisa sembarangan. Pertama, cobalah untuk lebih sering makan, akan tetapi batasilah porsi makanannya sehingga usus akan terus bekerja secara terus menerus. Saat hamil bisa saja Anda makan sebanyak 6-8 kali sehari namun dalam jumlah porsi yang tidak banyak.
Tips kedua, saat anda mengalami muntah atau mual sebaiknya Anda konsumsilah biskuit atau makanan kecil dengan jus buah ketika Anda bangun pagi. Saat bangun pagi pun sebaiknya Anda tidak langsung beranjak dari tempat tidur, melainkan secara bertahap. Setelah bangun duduklah terlebih dahulu sambil memakan menu yang tadi sudah dijelaskan. Kemudian barulah dilanjutkan dengan sarapan pagi.
Selain itu Anda juga perlu memperbanyak konsumsi makanan untuk ibu hamil trimester pertama yang banyak mengandung serat. Makanan yang mengandung serat bisa cukup mengurangi risiko Anda mengalami kontipasi selama masa kehamilan Anda.
Sebelumnya kami juga mengingatkan kepada Anda bahwa jenis-jenis makanan yang tadi kami jelaskan hanyalah berupa saran. Mungkin saja ternyata Anda punya alergi terhadap jenis makanan tertentu yang harus Anda hindari. Maka dari itu, sebaiknya Anda tanyakan atau konsultasikan dulu kepada dokter atau bidan supaya hasil yang Anda dapatkan lebih maksimal. So, sekian informasi dari kami mengenai berbagai jenis makanan untuk ibu hamil trimester pertama. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s